Press "Enter" to skip to content

Hari Terakhir Operasi Ketupat Singgalang 2024. Pos Pam Mandeh Konsisten Berikan Pelayanan Pengaturan Arus Balik Ramai Lancar

Polres Pessel – Umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H yang ditetapkan pemerintah dan organisasi keagamaan, terkait dengan itu Polri akan melaksanakan Operasi Ketupat tidak terkecuali Polres Pesisir Selatan. Selasa 16 April 2024.

Dimana hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan Operasi Ketupat, personel tetap konsisten memberikan pelayanan arus balik, masyarakat usai berlebaran tentu beraktifitas kembali melaksanakan kerja, sekolah dan lainnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Setelah sebelumnya melaksanakan Apel gelar Pasukan yang di pimpin oleh Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, pada tanggal 03 April yang lalu dilanjutkan hari itu juga melaksanakan Lat Pra Ops Ketupat Langkisau Th. 2024 yang di laksanakan Aula Endra Dharmalaksana Mapolres Pessel.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Singgalang 2024, Kapolres Pesisir Selatan AKBP Nuhardiansyah menyampaikan sambutannya, bahwa ini merupakan bentuk komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Berdasarkan survey Kemenhub RI pada tahun 2024 diperkirakan potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dari tahun sebelumnya.

“Operasi ini akan berjalan selama 13 hari mulai tanggal 04 April 2024 sampai 16 April 2024 dan pahami karakteristik wilayah masing-masing, skenario dalam menghadapi potensi gangguan dan situasi kontijensi harus dipersiapkan dengan matang,” ujar Kapolres dalam sambutannya.

Hari ini Hari H+6 Lebaran Idul Fitri 1445 H dibuktikan dengan selalu Aktif Pos Pengamanan yang telah ditentukan antara lain, Pos Pengamanan di Kawasan Wisata Mandeh Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pesisir Selatan.

Polres Pesisir Selatan sejak berlakunya Operasi Ketupat Singgalang Th 2024 yakni tanggal 04 April 2023 menyiapkan 2 pos pengamanan dan 1 Pos pelayanan ini dengan petugasnya masing-masing 10 orang setiap harinya berdinas 1X24 Jam bergabung dengan TNI, Dishub, Kesehatan dan BPBD di objek wisata mandeh, objek wisata carocok painan dan pantai pasir putih kambang jalan lintas Padang –  Bengkulu.

Disamping personel cadangan sebanyak 30 personel ditambah lagi Tim pengurai macet sebanyak 13 personel yang nantinya akan mengantisipasi kemacetan atau kejadian menonjol yang perlu kehadiran petugas di lokasi kerawanan tersebut.

Hal ini sengaja disiapkan untuk pelayanan selama operasi ketupat dan disampaikan juga pos ini untuk pelayanan masyarakat yang melaksanakan mudik dan arus balik maupun Idul Fitri 1445 H melakukan pengawasan objek wisata yang diperkirakan akan ramai dikunjungi masyarakat masyarakat, bisa memanfaatkan pos tersebut apabila mengalami kendala dan hambatan ataupun gangguan keamanan.

Operasi Ketupat Singgalang Th. 2024 akan digelar selama 13 hari mulai dari Tanggal 04 April sampai dengan 16 April 2024, sebanyak 116 personel Polres Pessel di terjunkan dalam pelaksanaan pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Ini merupakan bentuk wujud pelayanan nyata Polres Pessel kepada masyarakat agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama melaksanakan mudik, arus balik dan Idul Fitri yang bertemakan ”Mudik ceria, Mudik penuh makna” dalam Perayaan Idul Fitri 1445 H.

Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K pada saat pelaksanaan Ops Ketupat Langkisau Th. 2024 menyampaikan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan agar selalu menjaga kondisi fisik dalam keadaan prima, agar pada saat pelaksanaan pengamanan kita dapat melakukan dengan Optimal memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Serta dengan terus melakukan himbauan yang humanis kepada masyarakat agar menjaga keselamatan pribadi dan keluarga dan bila menemukan kendala dan gangguan kamtibmas segera laporkan kepada petugas di lapangan, tutur Kapolres.

Disamping pribadi tetap menjaga penampilan dan kerapian dalam persiapan menghadapi tantangan tugas kedepannya.

Terpantau oleh Humas di Hari H+6 Idul Fitri personel di Pos Pam Mandeh situasi ramai, personel melaksanakan pengaturan arus lalu lintas arus balik ataupun yang mau meninggalkan objek wisata termonitor ramai namun lancar dan kondusif di bantu oleh Tim Urai Macet di persimpangan pintu masuk kawasan Mandeh hingga sore hari.

Personel sejak pagi hingga malam hari tetap stand by di Pos masing-masing dengan memantau kendaraan yang melintas dan ada juga masyarakat yang bertanya tentang kendala yang dihadapi selama diperjalanan.

Bahkan petugas Pos membantu melancarkan arus lalu lintas di depan pos masing-masing dengan memberikan peringatan bagi pengemudi untuk terus bergerak jangan berhenti di bahu jalan, bahkan kendaraan yang sedang mogok dibantu oleh petugas.

Untuk Apel pagi Pos Pam Mandeh dipimpin oleh KA Pam Wilayah Kapolsek Koto XI Tarusan AKP Donny Putra, SH, MH didampingi Ka Pospam Kassubag Statement dan RB AKP Irwantos dan Waka Pospam Kapos Sektor Siguntur IPTU Zul Adri dan IPDA Syafri Afrizal, SH.

Personil ditugaskan sebanyak 30 personel menyasar di titik rawan kemacetan mulai dari sebelum masuk kota Painan hingga keluar kota, mengalihkan arus padat dari arah Padang masuk ke kota dialihkan kedepan Mapolres Pessel.

Sedangkan arus dari arah selatan atau bengkulu tetap masuk ke dalam pasar inpres painan, sedangkan didalam lokasi kawasan wisata Mandeh juga terdapat puluhan anggota yang melancarkan arus kendaraan.

Ramainya pengunjung usai lebaran tentunya diantisipasi dengan kehadiran personel Polri dilapangan, masyarakat pengunjung agar mematuhinya, tanpa partisipasi masyarakat tidak akan terciptanya keamanan yang kondusif dan saling bersabar serta memperhatikan keselamatan anggota keluarga yang ikut berlibur.

Masyarakat bisa memanfaatkan Pos tersebut untuk kelancaran dalam mudik kali ini, tak itu saja masyarakat yang lelah dalam berkendara bisa istirahat di Pos dimaksud tentunya akan lebih aman, utamakan keselamatan dalam berkendara.

Dan jaga keselamatan dalam menempuh perjalanan mudik liburan maupun pulang agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta dan bahagia di hari raya Idul Fitri 1445 H.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.