Press "Enter" to skip to content

Pastikan Keselamatan Pengunjung di Destinasi Wisata Pulau Soetan, Kapolres Pessel Tinjau Langsung dan Berinteraksi Dengan Wisatawan

Polres Pessel – Kapolres Pesisir Selatan AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, bersama Wakapolres Kompol Alwi Haskar, SH, MM kembali melakukan pemantauan ke kawasan wisata diwilayah hukum Polres Pessel dalam rangka Ops Ketupat Singgalang 2024 di hari H+4. Minggu 14 April 2024.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan Kapolres mengunjungi objek wisata kawasan Mandeh tepatnya di Pulau Soetan Ken. Carocok Anau Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pessel.

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memastikan kelancaran Operasional Pos Pengamanan dan Pelayanan serta memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada pengunjung wisata yang sedang menikmati liburan lebaran Idul Fitri 1445 H.

Kapolres Pessel beserta rombongan tidak hanya melakukan pengecekan kesiapan personil, tetapi juga memberikan himbauan kepada para pelaku usaha wisata di pulau tersebut agar mengutamakan keselamatan pengunjung, dimana aktifitas banyak didominasi permainan laut, seperti harus menggunakan life jacket ataupun pelampung dan tetap melakukan pengawasan disekitar pantai.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para personil yang siap menjaga keamanan dan ketertiban selama masa libur Lebaran tahun 2024 dan memastikan keselamatan para pengunjung wisata ditempat tersebut.

Dalam arahannya, Kapolres Pessel mengapresiasi kerja keras dan komitmen para petugas dalam menjalankan tugas pengamanan. Ia juga menekankan pentingnya menjaga profesionalitas, kewaspadaan, dan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang berlibur ketempat wisata seperti Pulau Soetan ini.

“Kami berharap dengan kesiapan dan kinerja maksimal dari seluruh personil Pos Pengamanan, massa liburan Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib termasuk di kawasan wisata laut,” ujar Kapolres.

Dengan adanya pengecekan dan dukungan langsung dari pimpinan, diharapkan semangat dan motivasi para petugas semakin meningkat, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian upaya kepolisian dan instansi terkait dalam mengoptimalkan pengamanan selama musim mudik lebaran dan balik lebaran, yang dikenal dengan Operasi Ketupat.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama libur lebaran baik ditempat wisata.

“Keberadaan Petugas dilapangan tidak hanya bertujuan untuk menjamin kelancaran libur dan arus balik, tetapi juga sebagai upaya preventif dan responsif terhadap segala bentuk ancaman keamanan dan kenyamanan masyarakat,” pungkas Kapolres AKBP Nurhadiansyah, S.I.K.

Hal senada juga disampaikan Wakapolres Pessel Kompol Alwi Haskar, SH, MM yang juga ikut meninjau kawasan wisata di Pulau Soetan menikmati libur Lebaran 2024 masyarakat. Ia mengatakan tujuan peninjauan ini dilakukan guna memastikan pengamanan arus mudik berjalan aman dan lancar.

“Supaya aktivitas masyarakat yang menikmati liburan lebaran berjalan dengan aman dan nyaman di Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya di wilayah perairan,” katanya.

Adapun Pulau Soetan adalah pulau yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah, seperti Bengkulu, Riau dan Jambi.

Dimana pulau ini masuk kedalam wilayah hukum Polsek Koto XI Tarusan ataupun Polres Pessel, tampak dalam rombongan berangkat dari TPI Tarusan menuju pulau Soetan menggunakan Kapal Beringin Sat Polairud Polres Pessel III-2291.

Di hadiri juga Wakapolres Pessel Kompol Alwi Haskar, SH, MM, Kabag Ops Polres Pesesel beserta anggota, Kasat Sabhara Polres Pessel beserta anggota, Kasat Binmas, Kapolsek Koto XI Tarusan, Kasat Polairud, Kasi Dokes Polres Pessel beserta anggota, Kasat Lantas dan anggota, Kanit Provos dan Tim Nakes dari Puskesmas Koto XI Tarusan.

Tampak Kapolres beserta rombongan juga berinteraksi dengan Wisatawan yang berkunjung memastikan mereka telah diberikan himbauan keselamatan dalam berwisata dan selalu memperhatikan keluarga dan barang bawaannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.