Press "Enter" to skip to content

Kapolda Sumbar Menggelar Bakti Sosial Kesehatan di Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan di Dampingi Kapolres Pessel

Polres Pessel – Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono, S.I.K, SH beserta Rombongan melakukan Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Polda Sumatera Barat di Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Kamis 21 Maret 2024.

Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Kesatuan Polda Sumatera Barat tersebut dipimpin oleh Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono, S.I.K, SH dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Barat Ny. Iis Suharyono, serta didampingi oleh Waka Polda Sumatera Barat Brigjen Pol. Gupuh Setiyono, S.I.K.,M.H beserta Ibu, Karo OPS Polda Sumbar Kombes Pol. Djadjuli, S.I.K., M.Si, Karo Log Polda Sumbar Kombes Pol. Faried Zulkarnain, S.I.K, Kabid Dokkes Polda Sumbar Kombes Pol. dr. Sri Handayani, Koorspripim Polda Sumbar AKBP Syaiful Wachid, S.H., S.I.K dan Pengurus Bhayangkari Daerah Sumatera Barat.

Dalam Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan tersebut Kapolda Sumatera Barat di sambut oleh Kapolres Pesisir Selatan AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, dikuti oleh Waka Polres Pesisir Selatan Kompol Alwi Haskar, S.H.,M.H, Para Kabag Polres Pesisir Selatan, Para Kasat Polres Pesisir Selatan, Para Perwira dan Bintara Polres Pesisir Selatan dan Pengurus Bhayangkari Cabang Pesisir Selatan.

Adapun Rangkaian Kegiatan Kapolda Sumatera Barat beserta Rombongan tiba di Wilayah Kab. Pesisir Selatan sekira Pukul 11.45 Wib dengan diawali Kapolda Sumatera Barat beserta Rombongan mengunjungi Mapolsek Bayang.

Diantaranya melakukan Pengecekan Asrama Personil Polsek Bayang yang mengalami Kerusakan akibat dari Bencana Alam Banjir yang terjadi pada hari Kamis tanggal 07 Maret 2024 di Wilayah Kab. Pesisir Selatan dan melakukan Pengecekan terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Bid Dokkes Polda Sumatera Barat dan Sie Dokkes Polres Pesisir Selatan.

Dalam kunjungan tersebut Kapolda Sumbar berinteraksi dengan korban bencana dan memberikan motivasi dan semangat agar proses pemulihan cepat dan ditangani dengan sungguh – sungguh serta turut memberikan Bantuan Tali Asih Kepada Masyarakat yang terdampak Bencana Alam Banjir di Kec. Bayang dimaksud.

Kemudian Kapolda Sumbar beserta Rombongan bertolak menuju Mapolres Pesisir Selatan sampai sekitar Pukul 12.50 Wib dengan agenda melaksanakan sholat Dzuhur di Ruangan Kapolres Pesisir Selatan dan melakukan pertemuan di aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan yakni Penyelenggaraan Bantuan yang Terdampak Bencana Alam.

Dalam paparannya Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumbar dan PJU Polda Sumbar dan terima kasih atas kunjungan dan perhatian yang diberikan kepada Polres Pessel.

Dimana Bencana Banjir dan longsor dimulai pada hari Kamis tanggal 07 Maret 2023 pada Pukul 14.00 Wib dengan intensitas ekstrim pada Pukul 14.00 Wib sampai tanggal 8 Maret 2024 sampai Pukul 04.00 Wib. Wilayah yang terdampak sebanyak 14 Kecamatan meliputi 82 Nagari dan 82.895 jiwa.

Adapun Dampak dari bencana tersebut korban MD 25 orang, hilang 4 orang serta kerugian materil dan benda berharga lainnya dan pasca setelah terjadi bencana banjir dan longsor Polres Pesisir Selatan telah mengambil langkah tanggap darurat diantaranya Inventarisir Kesatuan, Rapat Darurat Tanggap Bencana Dengan Stakeholder terkait, Penetapan Situasi Kontijensi tgl 8 s/d 21 Maret 2024, Penyelamatan dan evakuasi, Membentuk Pos Komando Tanggap Darurat, distribusi bantuan serta dapur umum dan pelayanan kesehatan, pemutakhiran data dan kajian kebutuhan pasca bencana.

Kapolres menuturkan Polsek terdampak bencana alam diantaranya Polsek Koto XI Tarusan, Polsek Bayang, Polsek Batang Kapas, Polsek Ranah Pesisir. Personil yang terdampak banjir sebanyak 44 orang dan telah melaksanakan pendampingan terhadap Menteri dan Kepala Badan yang melakukan kunjungan diantaranya Mentri PUPR, Kepala BNPB, Menteri Sosial RI, Mentri PMK RI sekaligus menyalurkan bantuan pusat yang telah di koordinir Pemda Kab. Pessel, ujar Kapolres.

Selanjutnya Sambutan Kapolda Sumbar turut menyampaikan selamat menjalankan Ibadah Puasa 1445 Hijriah semoga berjalan lancar. Bencana ini sudah ditakdirkan oleh Allah SWT dan tidak ada yang kebetulan pasti ada rencana Allah SWT yang baik dari kejadian bencana ini.

Kapolda Sumbar mengatakan, musibah sudah dituliskan di Al Qur’an dengan tujuan agar kita lebih mendekatkan diri dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Musibah itu menjadi tiga bagian yaitu ujian, peringatan dan hukuman. ujar Kapolda.

Kapolda turut mengapresiasi langkah – langkah yang sudah dilakukan oleh Kapolres Pessel sangat baik dan sudah sesuai dengan SOP dan bagi empat orang korban yang belum diketemukan semoga diberikan tempat yang terbaik oleh Allah SWT.

Kapolda mengajak dalam mengantisipasi kedepannya backup untuk recovery agar dilaksanakan untuk kemasyarakatan sekaligus mengucapkan Terimakasih kepada seluruh personel dan Bhayangkari yang ikut membantu kejadian bencana alam ini meskipun sekaligus kita menjadi korban. pungkas Kapolda Sumbar.

Usai sambutan Kapolda Sumbar juga menyerahkan bantuan kepada personil dan Bhayangkari Polres Pesisir Selatan yang terdampak bencana alam dan pemberian bucket bunga dari Ketua Bhayangkari Cabang Pesisir Selatan kepada Ketua Bhayangkari Daerah Sumatera Barat, sebagai tali asih keluarga besar Polda Sumbar agar saling menguatkan dan kembali pulih melayani masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan.

Terakhir Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono, S.I.K, SH beserta Rombongan bertolak menuju Dapur Umum Bencana Alam di Kec. Koto XI Tarusan pada Kunjungan di Dapur Umum Bencana Alam di Kec. Koto XI Tarusan Kapolda Sumatera Barat memberikan beberapa arahan dan bimbingan diantaranya.

Ucapan terimakasih atas dedikasi kepada seluruh stake holder terkait yang telah berpatisipasi dalam Upaya Penanggulangan Bencana Alam yang terjadi di Wilayah Kab. Pesisir Selatan, dirinya berharap kepada seluruh Personil yang turut serta dalam Upaya Penanggulangan Bencana Alam yang terjadi di Wilayah Kab. Pesisir Selatan agar menjadikan kegiatan ini sebagai ladang ibadah pada Bulan Suci Ramadhan, Jadikan kegiatan ini sebagai sarana pembelajaran dan dedikasi Pelayanan Kepada Masyarakat.

Selama berlangsungnya Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Polda Sumatera Barat di Wilayah Kab. Pesisir Selatan berlangsung dalam keadaan aman dan terkendali hingga usai sekitar pukul 16.00 Wib dan rombongan kembali ke Kota Padang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.