Press "Enter" to skip to content

Bulan Suci Ramadhan Polsek IV Jurai Konsisten Amankan Sentra Perekonomian dan Pelaksanaan Ibadah Tarawih

Polsek IV Jurai – Jajaran Polres Pesisir Selatan walaupun hari libur tetap memonitor Sitkamtibmas tetap kondusif dengan melaksanakan Patroli Dialogis yang tersebar hampir seluruh wilayah hukumnya, salah satunya di Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Minggu pagi (17/03/2024) pagi Jajaran Polres Pessel melaksanakan patroli himbauan pada masyarakat, terlebih lagi saat bulan Ramadan aktifitas masyarakat tentu meningkat di Sentra perekonomian.

Polsek IV Jurai melalui piket SPKT A (Sentra Pelayanan Kepolisian) melakukan pengamanan dan monitoring kegiatan di SPBU Salido dan pedagang serta pengunjung pasar, bertepatan hari balai Pasar Sago Ken. Sago Salido Kec. IV Jurai Kab. Pessel menjadi sasaran patroli dan juga memberikan himbauan kamtibmas, termasuk di kawasan objek wisata Carocok Painan untuk keselamatan berwisata.

Dengan personel Aiptu Riswandi, Aipda Rozi Zainal dan Briptu Rodi Juli Andres menggunakan mobil dinas Patroli.

Hal ini sebagai wujud Polres Pessel memastikan perekonomian masyarakat tetap berjalan tanpa khawatir dari ancaman kejahatan mendukung pemulihan ekonomi masyarakat.

Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, mengatakan, sesuai arahan dan petunjuk untuk personel yang bertugas kelapangan selalu melakukan himbauan kepada masyarakat terutama di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan tempat wisata selama bulan Ramadan.

Sekaligus terkait hal akhir – akhir ini dalam program pemerintah tentang penyesuaian harga BBM, personel dilapangan agar selalu mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak usah panik karena pemerintah sudah mengucurkan bantalan sosial untuk mengurangi beban perekonomian masyarakat kalangan menengah kebawah.

Memberikan peneguran Agar masyarakat, pedagang dan pengendara termasuk pengunjung wisata untuk selalu mematuhi aturan dan waspada aksi kriminal disekitarnya.

Kapolsek IV Jurai IPTU Edy Roszal mengatakan selain himbauan personel juga memantau situasi Kamtibmas dan mengingat saat sekarang hari pasar atau hari balai di IV Jurai, rawan akan kejahatan di tempat keramaian seperti pasar dan monitoring SPBU Salido agar tak terjadi penimbunan BBM dan tempat wisata.

Hari balai berpotensi terjadinya kriminalitas ditempat tersebut, merupakan salah satu tempat berputarnya ekonomi masyarakat, tentunya kita menjaga agar tidak terjadi kriminalitas yang akan menghambat perekonomian masyarakat, menjaga kenyamanan Polri hadir menjamin keamanan di sentra ekonomi tersebut, apalagi saat ini bulan Ramadhan.

Dengan kegiatan pengamanan dan patroli ini, harapannya masyarakat merasa aman dan nyaman jauh dari gangguan keamanan, juga pentingnya waspada akan aksi kejahatan agar bisa diminimalisir di wilayah hukum Polres Pessel. tutur Kapolsek IV Jurai.

Selanjutnya dalam upaya untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif, khususnya selama bulan Ramadhan 1445 H, Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K mengintruksikan jajarannya untuk menggelar pengamanan.

Menyikapi Intruksi Kapolres Pessel tersebut Kapolsek IV Jurai IPTU Edy Roszal menggelar personelnya piket SPKT A untuk patroli dialogis, berlangsung dari pukul 19.30 Wib hingga 22.00 Wib.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan keamanan di sekitar mesjid dan mushola yang melaksanakan sholat Tarawih di wilayah hukum Polsek IV Jurai.

Selama kegiatan patroli, personel SPKT dan Piket BP menjalankan route patroli ke berbagai tempat ibadah yang ada dalam wilayah hukum Polsek, kegiatan ini lebih difokuskan dalam bentuk dialogis dengan komunitas yang ditemui, termasuk jamaah yang tengah melaksanakan ibadah Tarawih, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Dalam momen dialog tersebut, personil patroli memberikan berbagai himbauan penting kepada masyarakat, seperti melarang meledakkan petasan, pentingnya selalu berhati-hati dalam beraktifitas, memperkuat kewaspadaan terhadap potensi tindakan kriminalitas dan gangguan keamanan.

Serta mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam berkendara di jalan, kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya Polsek dalam meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama bulan suci Ramadhan.

Selama pelaksanaan patroli dialogis, tidak ditemukan kejadian menonjol atau gangguan kamtibmas, menandakan situasi di wilayah hukum Polsek IV Jurai tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Kapolsek IV Jurai menyatakan bahwa kegiatan patroli dialogis ini merupakan bagian dari komitmen Polsek untuk selalu hadir di tengah masyarakat, khususnya dalam mengamankan bulan Ramadhan sehingga umat Islam dapat menjalankan ibadahnya dengan khidmat dan nyaman.

Inisiatif Polsek ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat, yang merasa lebih tenang dan aman dalam menjalankan ibadah puasa dan Tarawih.

Kapolsek berharap kegiatan semacam ini dapat terus meningkatkan kerja sama dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.