Press "Enter" to skip to content

Kapolda Sumbar Tinjau Lokasi Terdampak Banjir

TBNews Sumbar — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar Irjen Pol Suharyono didampingi Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, Pejabat Utama Polda serta Forkompimda melakukan peninjauan lokasi terdampak banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Padang, pada Jumat (8/3) siang.

Kunjungan tersebut dilakukan di daerah Dadok Tunggul Hitam Kota Padang dalam rangka mencek wilayah terdampak banjir dikarenakan cuaca hujan terus menurus dari kemarin siang hingga saat ini.

“Irjen Pol Suharyono menyampaikan saat ini ada beberapa rumah yang terdampak banjir dan pastinya ada beberapa KK dan masyarakat kami evakuasi,” katanya.

Lanjut Kapolda menjelaskan, kami juga telah melakukan kegiatan kemanusiaan dalam penanganan korban terdampak banjir sebagaimana sesuai protap dan SOP yang telah ditetapkan.

“Pertama sekali telah dilakukan penyelamatan masyarakat yang rumah dan tempat tinggalnya terdampak banjir, kemudian kami juga mendirikan pos pengamanan dan keamanan harta benda mereka termasuk dapur umum dan pos pelayanan kesehatan,” jelas kapolda.

Irjen Pol Suharyono juga mengimbau kepada masyarakat yang tidak mau dievakuasi agar berkenan untuk dievakuasi, siapa tau nanti ada musibah selanjutnya, ini semuanya takdir dari Allah SWT dan kita tetap syukuri, karna itu kita semua tetap berupaya untuk meminimalisir jangan ada korban, katanya.

“Mari kita semua yang terlibat dalam operasi kemanusiaan ini selalu berdoa semoga kejadian ini menjadi hikmah bagi kita semua,” ujar Kapolda.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda Sumbar mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan karena berakibat menyumbat aliran-aliran air.
“Mari kita berdoa kepada Allah SWT semoga hujan cepat reda dan air yang mengenai masyarakat cepat surut,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya, Kapolda tidak hanya memantau kondisi banjir, tetapi juga memberikan instruksi kepada anggota kepolisian untuk membantu evakuasi warga yang terdampak banjir.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Polda Sumbar ini juga mengimbau kepada seluruh anggota kepolisian untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam situasi darurat seperti ini.

Selain memberikan bantuan secara langsung kepada korban banjir, Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan karena berakibat menyumbat aliran-aliran air.

Dengan kerjasama dan kewaspadaan semua pihak, diharapkan dampak dari bencana banjir ini dapat diminimalkan dan pemulihan wilayah terdampak dapat dilakukan dengan cepat.(*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.