Press "Enter" to skip to content

Waspada Bahaya Banjir Akibat Intensitas Hujan Tinggi Personel Polsek Jajaran Polres Pessel Terus Bersiaga Himbau Masyarakat Untuk Waspada

Polres Pessel – Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Pesisir Selatan mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan merendam ratusan rumah warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pesisir Selatan, Defrisiswardi menyebutkan hujan mengguyur sejak pukul 15.00 WIB hingga malam ini Kamis, 07 Maret 2024 sehingga membuat debit air sungai di daerah setempat naik.

Ia menyampaikan, sejumlah titik yang terparah terdampak banjir yakni Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan IV Jurai, dan Kecamatan Batang Kapas.

Defrisiswardi juga merincikan sejumlah wilayah yang terdampak banjir dan merendam ratusan rumah warga yakni di Kecamatan IV Jurai, puluhan rumah warga terendam.

“Bahkan satu unit jembatan gantung putus dan hanyut terbawa arus sungai di Koto Rawang, Nagari Tambang,” ujarnya.

Sementara itu, di Kecamatan Batang Kapas, tepatnya di Nagari Tuik IV Koto Mudiek, diperkirakan ratusan rumah warga terendam banjir.

“Kemudian, Di Sungai Nyalo Nagari IV Koto Mudiek lebih kurang 70 unit rumah warga terendam banjir. Selanjutnya, di Nagari Lubuak Nyiur IV Koto Mudiek diperkirakan 40 unit rumah warga terendam banjir, Nagari IV Koto Hilie diperkirakan 65 unit rumah warga terendam banjir,” terangnya.

Sementara itu, lanjutnya, di Kecamatan Koto XI Tarusan tepatnya di Nagari Duku, puluhan rumah warga terendam banjir dan akses utama menuju Padang ke Painan atau sebaliknya untuk sementara waktu tidak bisa dilalui dikarenakan debit air sudah tinggi sampai ke badan jalan.

Ia menambahkan, tim reaksi cepat BPBD Pesisir Selatan bersama TNI dan Polri sudah turun ke sejumlah lokasi banjir untuk melakukan asesmen dan imbauan evakuasi mandiri kepada warga yang terdampak banjir.

Polres Pessel melalui Polsek jajarannya terus bersiaga terhadap situasi dilapangan, dengan turun kelapangan tampak personel Polsek bahu membahu bersama masyarakat mengatur lalin dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada akan situasi sekarang ini, seperti banjir dan tanah longsor, bila tidak memungkinkan segera mengungsi ketempat yang lebih baik.

“Hingga laporan ini kami sampaikan banjir masih terjadi di sejumlah titik. Begitupun hujan dengan intensitas sedang dan tinggi masih terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Masih banyak titik banjir yang belum terpantau. Nanti perkembangan selanjutnya kami sampaikan,” pungkas salah satu Kapolsek.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.