Press "Enter" to skip to content

Kementerian KLHK Tanam Pohon Serentak Kapolres Pessel Turut Berpartisipasi Menjaga Alam Mencegah Bencana di Sungai Nipah

Polres Pessel – Bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Republik Indonesia menggelar penanaman pohon serentak di 34 Provinsi di Indonesia. Salah satunya di laksanakan di Kampung Sungai Nipah, Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kamis (7/3/2024).

Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K menghadiri sekaligus ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanaman pohon tersebut bersama Kapolsek IV Jurai IPTU Edy Roszal beserta personelnya.

Penanaman pohon serentak juga dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke -41. Acara penanaman pohon serentak dihadiri Menteri KLHK RI Siti Nurbaya Bakar, diwakili Tenaga Ahli Menteri Bidang Subyek Politik Kebangsaan dan Sumber Daya Alam Ariayanto. 300 Batang bibit ditanam, seperti alpukat, durian dan mangga.

Turut hadir juga, Bupati Pesisir Selatan diwakili Asisten II Setdakab Pesisir Selatan Bidang Perekonomian dan Pembangunan Mimi Rianty Zainul, Forkopimda Pesisir Selatan, kepala OPD terkait, Kepala BPDAS Provinsi Sumbar, Kepala BKSDA Provinsi Sumbar, Kepala Balai Taman Nasionaol Siberut, Kepala Balai Taman Nasional Kerinci Seblat, Kepala KPHP Pessel, Ketua Foruk DAS Sumbar, Ketua Perwita Wana Kencana Provinsi Sumbar, dan Green Youth Movement Ambasador dan Simpul Belajar Provinsi Sumbar.

Dalam laporan panitia pelaksana kegiatan, Korwil UPT. KLHK Provinsi Sumbar Ir. San Kayu Nugraha, lokasi penanaman pohon di Kampung Sungia Nipah, Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar seluas 1 hektar, dengan jenis bibit ditanam yaituz Alpukat, Durian dan Mangga sebanyak 300 batang.

Dikatakan Nugraha, pelaksanaan penanaman pohon ini program kegiatan Kebun Bibit Rakyat ( KBR) tahun 2023 yang lalu. Dan, pada tahun 2024 lanjutan program KBR yang ke empat.

” ini bukti nyata, Kementerian KLHK dalam mendukung yang berkelanjutan,” tuturnya.

Ia mengajak pada semua bersama – sama menanamkan masa depan hijau, partisipasi aktif semua pihak dunia yang lebih baik berkelanjutan.

Sedangkan, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, melalui Kabid PDAS RHL Dinas Kehutanan Ir. Mgo Senatung, kegiatan penanaman pohon serentak ini tindak lanjut dari arahan Presiden RI untuk menanam pohon serentak di seluruh wilayah.

Adapan tujuan dari penanaman pohon Mgo Senatung program pemerintah pusat, penanaman pohon ini adalah program inti di Kementerian KLHK, dalam rangka mengurangi karbon emisi dari gas rumah kaca. Seperti karbon dioksida ( C02), belerang dioksida ( S02), nitrogen monoksida ( NO), nitrogen dioksida ( NO2), gas metana ( CH4),dan klrofluorokarbon ( CFC).

Hutan adalah penyangga kehidupan, sumber energi, oksigen, rekreasi, pengatur tata air dan konserfasi hayati. Hutan harus dijaga, jangan jadikan hutan sebagai warisan tapi titipan bagi anak cucu kita kedepanya, ” sambungnya.

” Kegiatan ini bukan hanya menanam pohon, tapi juga melibatkan masyarakat dan generasi muda dalam upaya meningkatkan pendapatan Kelompok Perhutanan Sosial,” kata Mgo Senatung.

Sambutan Menteri KLHK RI , melalui Tenaga Ahli Menteri Bidang Subyek Politik Kebangsaan dan SDA Ariyanto , kegiatan penanaman pohon serentak sebagai bentuk mitigasi iklim, pelaksanaan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Keberadaan pohon juga sebagai penyangga paru – paru dunia, dan mengurangi karbon
dioksida dari rumah kaca, dan solusi mengurangi polusi udara.

” mari kita bersama seluruh komponen bahu – membahu memberikan kontribusi dan bukti nyata dalam menjaga ekosistem hutan,” ajak nya.

Bupati Pesisir Selatan diwakili Asisten II Setdakab Pesisir Selatan Bidang Perekonomian dan Pembangunan Mimi Rianty Zainul mengucapkan terima kasih pada Kementerian KLHK RI menunjuk Kampung Sungai Nipah, Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan sebagai lokasi penanaman pohon serentak di Indonesia, dan Sumatera Barat.

Disampaikan Mimi, kegiatan penanaman pohon ini cukup penting dan memiliki manfaat besar pada lingkungan sekitar. Bukan saja pengendali tata air, sampah dan bencana alam, hasil dari bibit yang ditanam memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar.

Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K turut membenarkan, seperti diketahui bersama Kabupaten Pessel tergolong daerah rawan bencana, seperti longsor dan banjir. Maka, adanya penanaman pohon bisa menimalisir bencana di wilayahnya.

”Polres Pessel sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan – kegiatan lainya Kementerian KLHK di Kabupaten Pessel kedepanya,” ujar Kapolres.

Acara kali itu dilanjutkan penanaman bibit pohon serentak, Menteri KLHK RI , melalui Tenaga Ahli Menteri Bidang Subyek Politik Kebangsaan dan SDA Ariyanto bersama Kapolres, Kapolsek dan undangan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.