Press "Enter" to skip to content

Sat Reskrim Polres Pessel Ekshumasi Korban Karena Kelalaiannya Matinya Seseorang di Bukit Siayah Lumpo

Polres Pessel – Tim Forensik Polri melakukan Ekshumasi terhadap salah satu korban diduga karena kelalaiannya mengakibatkan matinya seseorang di Bukit Siayah Ken. Lumpo Kec. IV Jurai Kab. Pessel. Senin (04/03/2024).

“Dalam Ekshumasi ini kami melibatkan dokter forensik dari Biddokkes Rumah Sakit Polri Polda Sumbar yang dibantu oleh Si Dokkes Polres Pessel” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Pessel Ajun Komisaris Polisi Andra Nova, SH, MH di lokasi Ekshumasi, saat melaksanakan Ekshumasi terhadap korban yang di duga tersengat aliran listrik.

Ekshumasi adalah penggalian mayat atau pembongkaran kubur yang dilakukan pihak berwenang dan berkepentingan, yang selanjutnya mayat tersebut diperiksa secara ilmu kedokteran forensik untuk kepentingan penyelidikan suatu kasus.

Ekshumasi ini dilakukan terhadap korban sengatan listrik bernama Habibi Rahmadani (16) yang dimakamkan di Pemakaman Keluarga Bukit Siayah Ken. Lumpo Kec. IV Jurai Kab. Pessel.

Menurut Kasat Reskrim, pembongkaran makam korban ini juga untuk melakukan autopsi terhadap jasad korban guna melengkapi berkas penyelidikan kasus karena kelalaiannya mengakibatkan matinya seseorang sesuai dengan laporan keluarga korban LP/B/24/II/2024/Sat Reskrim/Polres Pessel/Polda Sumbar. Tanggal 12 Februari 2024.

Sebelum melakukan ekshumasi, kata AKP Andra Nova Polres Pessel sudah mendapatkan izin dari keluarga korban. Sementara kejadian meninggalnya korban pada Kamis 08 Februari 2024 sekitar pukul 01.00 Wib di sebuah kebun warga di Barangan Ken. Ampang Tareh Lumpo Kec. IV Jurai Kab. Pessel.

“Kami terus berusaha untuk mengungkap penyebab terjadinya kematian korban. Penyelidikan secara intensif terus kami lakukan,” tambahnya.

Kasat mengatakan ekshumasi ini juga untuk memberikan keadilan kepada para korban dan keluarganya, selain tujuan utamanya untuk pemenuhan alat bukti atau sebagian alat bukti secara forensik.

“Hasil dari ekshumasi dan autopsi, kami masih menunggu dari Tim Forensik Polri yang nantinya akan mempermudah kami dalam mengungkap penyebab kematian korban,” tambahnya.

Pemeriksaan terhadap saksi-saksi terus dilakukan penyidik, mulai dari penjaga dan pemilik kebun, warga sekitar lokasi kejadian, keluarga korban meninggal dan lainnya.

Tampak hadir di lokasi Ekshumasi Penyidik dan Penyidik Pembantu Sat Reskrim Polres Pesisir Selatan serta Biddokes Polda Sumbar diantaranya Kasat Reskrim AKP Andra Nova, SH, MH, Kbo Reskrim IPDA Budi Setiawan, SH, Kanit Pidum IPDA Toni Damrah, S.H, ⁠Ps Kasubbit Dokpol Dr. Eka Purnama Sari, ⁠Paur DVI Sismiati, SKM., MSI, ⁠Pjs Paur Doksik Dr. Yudi Candra, ⁠Bamin UR Doksik Brigadir Hardianto, ⁠Bamin Ur Doksik Gito Vakol, Amd.Kep, dr. Rosmiati spesialis forensik mitra Rumkit Bhayangkara.

Serta Banit Resum Aipda Junaidi, SH. Banit Resum Brigpol alwaris Solihin, SH MH, Banit Resum Brigpol Vandra Juper SH, Banit Resum Bripda Afif Alvarest, Banit Resum Bripda Diky Septiadi dan 7 orang personil Polsek IV Jurai.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.