Press "Enter" to skip to content

Gunakan Pelampung dan Life Jacket Sat Polairud Polres Pessel Himbau Keselamatan Perairan di Objek Wisata

Polres Pessel – Dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2023 dan menjaga Harkamtibmas perairan Kabupaten Pesisir Selatan, Sat Polair Polres Pessel melakukan sambang perairan dengan cara berpatroli dan membantu pelayaran mengantisipasi kejahatan maupun kecelakaan laut. Sabtu 29 April 2023.

Dengan adanya Mako di Pelabuhan Panasahan di Painan Selatan dan Pos Satpolairud di kawasan TPI Carocok Mandeh Tarusan sebagai pos penunjang pelayanan Satpolairud di isi dengan personel Satpolairud Polres Pessel yang terjadwal rutin setiap hari.

Kasat Polair Polres Pessel IPTU Tusiyat mengatakan, pihaknya saat ini rutin untuk melakukan kegiatan patroli di sekitar jalur laut yang rawan dari kejahatan terutama sekali di Pulau Cingkuak Carocok Painan dan Pulau Setan yang paling banyak dikunjungi wisatawan, hal ini sebagai bentuk partisipasi dalam operasi Ketupat Singgalang 2023.

Kabupaten Pesisir Selatan adalah daerah pesisir laut yang memiliki daya tarik wisata utamanya wisata laut yang tersebar di sepanjang garis pantainya.

“Pagi hingga sore hari ini kita melakukan patroli di sejumlah titik yang berada di perairan Carocok Painan dan Carocok Tarusan, bahkan hingga malam di kawasan wisata mandeh, patroli ini mengarah ke jalur rawan terjadinya kejahatan, maupun rawan terjadinya kecelakaan Laut,” dan juga telah memasang spanduk Himbauan dari Satpolair, katanya.

Selain melakukan patroli, pihaknya juga membantu pelayaran kapal wisata yang akan bersandar karena bahaya mengancam saat menurunkan penumpang dimana ombak menerjang, apalagi wisatawan banyak yang tidak berpengalaman di alam laut.

Serta pelayaran kapal nelayan yang mencari nafkah ketengah laut, membawa hasil lautnya untuk bisa diperjual belikan untuk ekonomi keluarga.

Hal ini termasuk kesiapan keselamatan bersama Tim kesehatan di lokasi serta para nelayan yang sedang memancing di tengah laut dengan bersinergi dengan Tim Kesehatan Puskesmas Salido dan Tarusan melaksanakan patroli ke tempat objek wisata laut.

Disamping memasang spanduk himbauan kamtibmas perairan agar masyarakat mengetahui dan teredukasi dalam berwisata dengan selalu memperhatikan cuaca, kelebihan muatan, alat keselamatan dan life jacket.

Hal ini kita lakukan dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan dalam pelayaran masyarakat nelayan di kabupaten pesisir selatan dan membantu kendala yang dihadapinya untuk menunjang perekonomian masyarakat nelayan, pungkas Kasat Polairud IPTU Tusiyat.

Personel Sat Polairud polres Pessel melaksanakan bimas perairan menggunakan Kapal dinas 2291 Bhabinkamtibmas berangkat dari Pos TPI Carocok Anau Tarusan ke seputaran TPI Carocok Anau dan Carocok Painan membantu para pelaku usaha dan nelayan yang baru berangkat dari TPI Carocok Anau, serta menyampaikan himbauan kepada para pelaku usaha dan perikanan supaya berhati – hati dalam melaut karena cuaca sekarang musim hujan dan badai kering, termasuk memasang spanduk himbauan keselamatan perairan.

Serta jangan lupa membawa alat keselamatan seperti pelampung, life jaket dan alat komunikasi seperti ht,hp dan menyampaikan agar masyarakat nelayan selalu waspada terhadap pencurian dan kejahatan kriminal lainnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.