Press "Enter" to skip to content

Silaturahmi Kunci Komunikasi Bhabinkamtibmas Dalam Bertugas

Polres Pessel – Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat. 24 Januari 2023.

Di awal tahun baru 2023, semangat Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan kepolisian yang mudah dan cepat semakin besar dan menggelorakan semangat saling bantu bahu membahu membantu saudara kita yang sedang ditimpa musibah banjir, dengan memberikan sembako, bahkan nasi bungkus bagi masyarakat, bantuan apapun yang bisa diberikan.

Dan Bhabinkamtibmas juga mensukseskan program pendataan atau Regsosek yang telah dimulai ke nagari – nagari dengan ikut mendampingi sebagai bentuk kepedulian terhadap potensi gangguan yang akan menghambat tugas pendata untuk kevalidan data untuk sinkronisasi data dari pemerintah.

Bhabinkamtibmas tetap juga mensosialisasikan tertib berlalu lintas agar masyarakat terhindar dari kecelakaan fatalitas dan penindakan pelanggaran lalu lintas.

Melalui Bhabinkamtibmasnya pelayanan kepolisian lebih optimal dengan sambangi warga binaannya guna silaturahmi terus terjalin harmonis, rutinitas ini terus menerus dilakukan Bhabinkamtibmas Polres Pessel yang tersebar di 11 Polsek Jajarannya.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan, peran dan pekerjaannya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat.

Dan membantu memecahkan berbagai masalah (Problem Solving) yang dialami oleh warga binaannya, mulai dari pribadi dan umum, seperti masalah ekonomi sampai ke program program dan sosial memberikan bantuan suci Al-Quran untuk Mesjid dan mushala sebagai bentuk kepedulian di jalan Agama.

Bhabinkamtibmas Polsek 11 Jajaran yang terintegrasi di nagari Se-Kab. Pessel menyaambangi atau mendatangi sambil menyampaikan pesan kamtibmas ke warga binaanya di Nagarinya masing-masing.

Door To Door System merupakan kegiatan sambang atau kunjungan dari satu rumah ke rumah lainnya yang secara rutin dilakukan oleh Bhabinkamtibmas untuk menjalin kemitraan dengan warganya guna mencari informasi yang berkembang sekaligus menyampaikan pesan Kamtibmas.

Bhabinkamtibmas ini melihat langsung setiap hari bagaimana kondisi masyarakat dan apa yang harus dilakukan untuk masyarakat, mencari solusi bersama menjaga harkamtibmas dinagarinya.

Oleh karena itu Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan Wali Nagarinya agar mempertimbangkannya untuk membantu keluhan tersebut dan ikut terjun melihat situasi dilapangan.

Dan juga mengajak wali nagari dan masyarakat untuk menghidupkan kembali “Siskamling” sesuai Arahan Kapolres Pessel untuk menjaga keamanan masyarakat di Nagari – Nagari.

Serta para Bhabinkamtibmas juga ikut mendampingi posyandu di wilayahnya dalam rangka bulan bertemu anak dan memantau pembangunan yang menggunakan dana desa agar berjalan layang sesuai perencanaan dan ikut terjun melakukan gotong royong bersama masyarakat binaanya.

Serta mendatangi warga masyarakat binaannya yang sedang beraktivitas sehari-hari, sambil memberikan himbauan kamtibmas, seperti menjaga hutan dari kerusakan.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Novianto Taryono, SH, SIK, MH mengatakan bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas di Kenagarian – kenagarian tersebut merupakan langkah-langkah yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang dibinanya, karena mereka berada ditengah masyarakat tentulah mengerti dan paham keadaan masyarakat terkininya.

Tak itu saja, tapi juga mengandung nilai-nilai kekeluargaan dengan satu semangat menginginkan masyarakat terbantu dalam masa usai pandemi ini dan terjalinnya silaturahmi yang baik antar masyarakat itu sendiri.

Dan juga bernilai ibadah ikut membantu masyarakat yang perlu membantu karena ini termasuk kebijakan dari Kapolri yang harus kami aplikasikan ke dalam tugas sehari hari dan kepada masyarakat sebagaimana dimaksud program Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, tanggung jawab, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi , modern, mudah, dan cepat.

Hal ini sedikit mungkin meringankan beban masyarakat dalam masa pandemi, serta menumbuhkan rasa gotong royong bahu membahu di tengah kesulitan masyarakat. ujar Kapolres.

Kasat Binmas AKP Zulhermansyah, SH sebagai kepala pembina fungsi Binmas menambahkan, dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan Kamtibmas dan mengingatkan agar masyarakat diberi edukasi tentang bahaya atau ancaman gangguan kamtibmas terupdate sekarang ini.

Dengan cara selalu peran Bhabinkamtibmas menyampaikan trik dan tips agar terhindar dari kejahatan dan bencana alam seperti menambahkan kunci pengaman pada barang-barang berharga dan antisipasi Karhutla karena sebagian besar masyarakat petani di samping nelayan serta tidak kalah pentingnya mengantisipasi pencurian barang.

Tak lupa juga Bhabinkamtibmas menyampaikan situasi yang berkembang saat ini banyaknya masyarakat yang terjerumus di dalam organisasi yang terlarang seperti NII, KMI dan sejenisnya, faktanya hal itu tidak sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, akan memecah belah bangsa karena Indonesia berada dalam satu bingkai yaitu NKRI . Tutup Kasat Binmas.

Selama kegiatan berlangsung kondusif dengan situasi aman dan penuh rasa kebersamaan serta kekeluargaan sesuai dengan adat istiadat Minangkabau.

Bhabinkamtibmas selalu mengusahakan secara maksimal untuk memelihara kamtibmas dan mendorong kemajuan nagari-nagari binaannya, sesuai dengan Mottonya “VIGILANT QUIESCANT” (Kami Berjaga Sepanjang Waktu, Agar Masyarakat Tenteram). Oleh HumasResPessel.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.