Press "Enter" to skip to content

Patroli Blue Light Antisipasi Kejahatan Di Malam Hari

Polres Pessel – Kepolisian Resor Pesisir Selatan Gencarkan Kegiatan Rutin Yang Di Tingkatkan, salah satunya melalui patroli. Kamis 19 Januari 2023

Terkait perkembangan situasi terkini Polres Pessel meningkatkan kewaspadaannya baik ancaman dari dalam maupun dari luar, dengan melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan dalam bentuk patroli dan penjagaan mako.

Patroli adalah suatu kegiatan kepolisian di bidang Fungsi Samapta yang bertujuan untuk mencegah pertemuannya dengan niat dan kesempatan, yang apabila kedua hal tersebut bertemu akan terjadi suatu tindak pidana yang merugikan korban atau anggota masyarakat.

Polres Pessel Bertekad Memberikan Pelayanan Yang Prima Kepolisian mengantisipasi kriminalitas dan 3 C, Curat, Curas dan Curanmor.

Patroli Blue Light berarti Kepolisian Patroli di malam hari dengan petunjuk sarana dan kepolisian berupa Sepeda Motor atau Mobil Patroli ciri khas bertanda lampu biru untuk menjangkau wilayah yang jauh dari kepolisian mengantisipasi kejahatan malam.

SPKT Polres dan 11 Polsek jajaran menyikapi perkembangan dan dinamika Kamtibmas akhir-akhir ini dalam meningkatkan Pengamanan Markas Komando (Mako) jajarannya dan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Kamtibmas Masyarakat) Pessel.

Ini adalah rutinitas tugas Pessel dan jajaran Polri, tidak hanya itu, Polres yang berada di pesisir selatan Sumatera Barat ini juga memperketat pengawasan lalu lintas orang di jalan dan barang yang masuk ke Mapolres dan Mapolsek, disebut juga Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Termasuk juga pasar tradisional sebagai sentral perekonomian masyarakat di kecamatan tetap melaksanakan patroli kepolisian dengan berjalan kaki ke dalam pasar sambil menghimbau masyarakat agar taat Prokes.

Beberapa personel yang tergabung dari lima fungsi Kepolisian terjadwal melaksanakan Piket 1X24 Jam, Sat Samapta bersenjata lengkap dengan rompi anti peluru dan helm baja nampak di pintu masuk maupun keluar Mapolres dan Mapolsek.

Begitupun juga 11 jajaran Polsek dengan terjadwal rutin piket SPKT melaksanakan dinas 24 jam menjaga harkamtibmas wilayahnya masing-masing termasuk pasar tradisional, perumahan, SPBU, Bank dan Perkantoran.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan Kamtibmas utamanya berupa antisipasi penyerangan terhadap anggota Polri maupun Mako dan Kantor.

Petugas juga memeriksa seputaran Mapolres termasuk Sel tahanan dan Asrama dan juga memeriksa setiap kendaraan menggunakan metal detector dan mirror detector termasuk barang bawaan masyarakat yang masuk ke Kesatrian Mapolres terutama sekali malam hari.

Setiap orang yang masuk akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, pengecekan suhu tubuh atau Prokes dan wajib melakukan registrasi yang ditempatkan di depan penjagaan Mapolres dan Mapolsek.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Novianto Taryono,SH, SIK, MH menjelaskan, proses pengamanan Mako pada dasarnya mengacu pada Protap dan SOP yang berlaku diantaranya menempatkan personel di pintu masuk maupun keluar serta mengawasi setiap pergerakan baik orang ataupun kendaraan yang dinilai mencurigakan.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada petugas jaga Mako baik Polres maupun Polsek agar meningkatkan kewaspadaan dan lebih cermat dalam bertugas serta meningkatkan KRYD (Kegiatan Rutin Kepolisian Yang Ditingkatkan).

Perwira Pengawas IPTU Edi Akmal menambahkan, termasuk patroli ke Objek Vital seperti Bank, SPBU, ATM, Perkantoran, Perumahan dan masyarakat lainnya yang di koordinator oleh Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) .

Termasuk Sasaran atau Tempat :
– Bank Nagari kota painan
– Bank BNI kota Painan
– Bank BRI Kota Painan
– Rutan kelas II Painan kota Painan.
– Rumah Dinas Bupati Pessel Kota Painan.
– Perumahan masyarakat Painan Timur Kota Painan.
– Perumahan Masyarakat BSD Sago.
– Pasar Sagu.
– SPBU Sagu.
– RSUD M.Zein Kota Painan.
– GOR M.Zein Painan

Situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif.

Namun demikian pelayanan masyarakat tetap terbuka seperti biasa secara humanis, yang menjadi pembeda adalah pengawasan yang mungkin lebih ketat dibanding hari-hari biasa.

“Masyarakat tidak perlu takut, tentunya kami kepolisian harus lebih waspada untuk meyakinkan masyarakat bahwa keamanan di Ranah Pasisia adalah tanggung jawab kami dan Pengamanan ini merupakan Protap dan dijalankan sesuai dengan SOP secara rutin”.

Semisalnya tadi saat melakukan patroli kepolisian kami menemukan beberapa remaja yang nongkrong di Perumahan sagu, Pasar Inpres dan Taman Spora, kami dengan berdialog untuk lebih baik segera meninggalkan lokasi dan kembali ke rumah masing-masing, untuk apa keluyuran di tengah malam, orang tua tentu khawatir dengan Tegas Perwira Pengawasnya

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.