Press "Enter" to skip to content

Jadikan Semangat Awal Tahun Menjadi Polri Yang Berubah Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat Isi Apel Kapolres Pessel

Polres Pessel – Minggu kedua dalam bulan Januari 2023 apel kesatuan personel Polres Pessel.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Novianto Taryono, SH, SIK, MH menginstruksikan kepada seluruh jajaran dan personel termasuk ASN untuk melaksanakan apel pagi “Jam Pimpinan” Rabu pagi 11 Januari 2023.

Instruksi ini sejalan dengan aparatur negara lainnya yang melaksanakan panggilan setiap pagi sebagai bentuk displin kerja.

Apel pagi jam pimpinan ini yang setiap hari rabu dipimpin Kapolres yang berasal dari Kaltim ini, dilaksanakan di minggu kedua bulan Januari yang di ikuti oleh PJU dan seluruh Personil polres pessel di halaman belakang Mapolres Pessel.

“Dengan jumlah personel Polres Pessel sebanyak 279 personel dikurangi dengan yang dinas dan lepas dinas termasuk ASN melaksanakan apel pagi tadi sebanyak 166 personel dengan semangat terbarukan yang bersahaja”.

Kapolres AKBP Novianto Taryono, mengatakan, “Perintah apel ini agar seluruh personel polres pessel dan jajarannya melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai abdi negara.

Kapolres menjelaskan, bahwa pelaksanaan apel pagi bertujuan untuk “mengecek kesiapan dan kelengkapan personel” di samping memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, serta pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia.

Selain itu, juga untuk menumbuhkan disiplin bagi personel dan pegawai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Polri.

Apel menunjukkan jati diri sebagai personel Polri sebelum melaksanakan tugas guna kelancaran kegiatan yang telah dikoordinasikan, tentunya tak lupa berdo’a demi dimudahkan segala urusan oleh Tuhan YME.

Dan tak lupa pengucapan “Tribrata dan Catur Prasetya serta Panca Prasetya Korpri yang resmi terus diucapkan bersama dalam apel jam pimpinan, sebagai penghayatan isi makna dari kedua pedoman Polri agar diresapi oleh seluruh anggota Polri yang hadir dan Asn di lingkungan Polri.

Adapun atensi Kapolres Pessel agar menjaga nama baik Polri dengan tidak melakukan pelanggaran apapun dan tetap terus mendukung program pemerintah dan Investasi serta menjaga inflasi serta peningkatan kepercayaan publik terhadap Polri.

Pencapaian kinerja positif Polri kita laksanakan hingga akhir tahun 2023 dengan cara door to door membantu memulihkan perekonomian masyarakat bersinergi dengan TNI, pemerintahan nagari, dan Pemda Pessel terutama sekali.

Seiring perkembangan situasi internal Kepolisian yang mulai membaik agar setiap personel dapat menempatkan dirinya dengan baik dan dapat memulihkan nama baik institusi.

Terkait perintah Bapak Kapolri untuk menindak judi, narkoba, menambang ilegal logging, ilegal minning, penyelewengan BBM dan Gas akan ditindak tegas sesuai hukum, jangan ada yang bermain – main baik melakukan, pembekingan dan proses hukum harus ditegakkan seadil-adilnya.

Setiap Personil Polri sudah melekat tugas sebagai Pemolisian masyarakat, dimanapun tinggal lingkungan tentunya menjadi pengayom dan motivator bagi masyarakat, bukan sebaliknya.

Terkait Arahan Bapak Kapolri tentang program Quick Wins yang di emban oleh masing-masing Polda dan Polres Jajaran Polda Sumbar.

Hal ini berlangsung selama ini terus ditingkatkan hingga mendapatkan hasil yang maksimal yakni terciptanya situasi yang kondusif, masyarakat dihimbau tetap Prokes karena pandemi belum usai dan waspada terhadap potensi bencana alam.

Kita bersepakat untuk mensukseskan program tersebut dengan sungguh-sungguh melaksanakan program tersebut, dengan membentuk kelompok kerja dan Tim Sar, selain menerapkan arahan dari satuan Mabes dilapangan dalam meraih kembali kepercayaan publik, tegas Kapolres.

Sikap kita dengan mendalam dan menerapkannya setiap tugas dilapangan, tidak bagi saya sendiri namun juga seluruh personel Polres Pessel.

Sedangkan kemajuan sekarang ini dalam dunia media sosial tentunya kita bisa memanfaatkan untuk membantu tugas kepolisian sehari – hari, bisa dengan menyebarkan berita positif, silahkan berkreasi sendiri dan posting di akun resmi jajaran, jangan sampai medsos kita sendiri tidak kita manfaatkan berikan like dan komentar yang positif karena kita berhasil dan sukses melalui kebersamaan.

Perubahan budaya dan pola pikir Polisi, setiap personel harus bertanggung jawab apabila ada kejadian di masyarakat yang memerlukan segera tindakan kepolisian, dari manapun Satuan fungsinya karena sudah melekat di diri kita masing-masing mandat kepolisian tersebut.

Bersikap sikap dan ramah masyarakat kepada, bawahan kepada atasan dan sesama rekan kerja, jangan sungkan memikirkan terima kasih, izin dan sikap hormat kepada masyarakat walaupun itu tugas dalam kewenangan kita.

Mengenai Arahan Bapak Presiden dan Bapak Kapolri yang telah di umumkan sebelumnya agar saling mengingatkan baik diri sendiri maupun keluarga untuk bergaya hidup sederhana sesuai dengan suasana kecemasan yang terjadi sekarang ini, apabila tidak mematuhi akan ada aturan yang diberlakukan untuk pribadi.

Loyalitas kepada pimpinan yakni Bapak Presiden RI sebagai abdi negara tetap tulus dan ikhlas dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Di tambah pesan Kapolres agar saling menjaga kekompakkan didalam kehidupan sehari-hari baik kedinasan maupun pribadi.

Kapolres mengajak seluruh personel untuk menyusun perbaikan peringkat Polres Pessel ke tingkat yang lebih baik, bahkan nomor 2 atau minimal 5 besar terbaik di Polda Sumbar, tentunya ini perlu perbaikan ke arah yang lebih baik lagi, baik kinerja setiap personel untuk mengangkat nama baik Polres Pesisir Selatan .

Kapolres menambahkan, bahwa kegiatan apel ini dapat dilaksanakan secara fisik dan dalam pelaksanaan fisik apel, wajib memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, protokol kesehatan, serta perkembangan kasus Covid-19 di wilayah kantor masing-masing.

Dan meminta agar pelaksanaan apel ini tidak mengganggu pelayanan publik. “Kegiatan apel tidak mengurangi kualitas dan kelancaran pelayanan kepada masyarakat,” bahkan menambah semangat kerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terakhir Kapolres mengingatkan untuk selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat karena tugas dan tantangan ke depan semakin kompleks, semua tugas kalau kita kerjakan merupakan bahagian ibadah maka akan dipermudah bagi kita dilapangan, semuanya demi Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, tutup Kapolres.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.