Press "Enter" to skip to content

Penanggulangan Kebakaran Bersama Tim Terus Berlanjut di Pasir Jenjang. Kapolsek Lunang Silaut Masih Ada 2 Titik Asap

Polsek Lunang Silaut – Penanggulangan bersama kebakaran areal hutan HPK di Pasir jenjang Kec. Silaut sebelah HGU PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi pasir jenjang Kec. Silaut Kab. Pessel. Sabtu pagi 27 Mei 2023.

Polsek menangani kebakaran tersebut semenjak tanggal 23 Mei yang lalu, kebakaran hampir mencapai 100 Hektar lahan gambut tersebut.

Tim gabungan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatra Barat, BPBD Kab. Pessel, Forkopimca Kecamatan Silaut, personil Polsek Lunang Silaut, Babinsa wilayah Silaut dan pihak perusahaan PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Pasir Jenjang Kec Silaut melakukan pengecekan dan membantu memadamkan beberapa titik api di sekitar areal hutan HPK di pasir jenjang Kecamatan Silaut yang bersebelahan dengan kebun PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi.

Hari ini adalah hati ke empat penanganan bencana kebakaran tersebut, penanggulangan hari ini kedatangan Kepala BPBD Kab. Pessel Doni Gusrial.

Titik api berada di arah ke tepi pantai dengan peralatan yang di bawa oleh tim BPBD Kab. Pessel dan peralatan pemadam api dari PT. Sapta sentosa jaya abadi.

Kapolsek AKP Advianus, SH yang berada di TKP semenjak malam hari mengatakan, Tim gabungan yang turut membantu memadamkan api di lokasi kebakaran hutan HPK tersebut antara lain Kordinator Karhutla Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat sebanyak 14 orang di bawah pimpinan kordinator Dodi Batrudin, Kasi perlindungan KSDAE dan pemberdayaan masyarakat UPTD KPHP Kab. Pessel Dishut Provinsi Sumbar atas nama Andre.

Hadiri juga Dinas Kehutanan Prov. Sumbar 19 orang, BPBD Kab. Pessel sebanyak 9 orang dibawah kordinator Nofriadi, Camat Silaut SYAMWIL, SSTP, MM beserta 3 org Staf, Babinsa Wilayah Silaut 2 org dan Karyawan PT. Sapta Sentosa Jaya Pasir Jenjang Kec. Silaut sebanyak 28 personel.

Kapolsek menambahkan, Tim gabungan Dishut Provinsi Sumbar, BPBD Kab. Pessel, Kapolsek Lunang Silaut Beserta anggota, Camat Silaut beserta staf dan Babinsa wilayah Silaut masih melakukan pemadaman yang terdapat 8 titik lokasi kebakaran melalui Dron dari kehutanan Propinsi di lokasi kebakaran. ujarnya.

Untuk membantu memadamkan titik api dengan peralatan yang ada, seperti Pulfing Pump atau pompa apung sebanyak 3 Unit, Ministrek atau pompa kecil sebanyak 4 Unit, Pompa besar Merk Tohatsu sebanyak 2 Unit dan Excavator 2 Unit.

Upaya pemadaman api diberhentikan sekira pukul 18.00 Wib karena waktu tidak memungkinkan lagi, sedangkan 8 (Delapan) titik api berhasil di padamkan namun masih ada 2 lokasi mengeluarkan asap, sementara kegiatan pemadaman titik api akan dilanjutkan besok hari, pungkas Kapolsek.

Sementara lokasi kebakaran dilokalisir dengan cara Koordinasi dengan pihak PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi Silaut untuk melakukan isolasi menggunakan alat excavator lahan pihak PT .Sapta yang bersebelahan dengan lokasi kebakaran agar tidak menyebar ke lokasi lain serta penambahan pompa air di lokasi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.