Press "Enter" to skip to content

Aksi Damai Aspirasi Masyarakat Nanggalo Tarusan di Kawal Polres Pessel Berjalan Aman dan Kondusif

Polres Pessel – Kepolisian Resor Pesisir Selatan jajaran Polda Sumbar melaksanakan kegiatan pengamanan terkait pelaksanaan aksi damai oleh masyarakat Nagari Nanggalo Kec.Koto XI Tarusan Kab. Pessel. Kamis 25 April 2024.

Aksi berlangsung sekitar pukul 11.20 Wib, bertempat di Kantor Camat Koto XI Tarusan, berdasarkan surat pemberitahuan yang mengatas namakan Masyarakat yang diterima tanggal 24 April 2024.

Dengan sebagai koordinator dan penanggung jawab pelaksana kegiatan an. Drs.Djasril Jabar Datuk Kayo dengan masa yang hadir dalam kegiatan tersebut ± 50 orang, mengikut sertakan orator Nursihandri Pgl Andre, Meri mersati, Suhandri pgl Hen Tampuak dan Hendri.

Dalam giat tersebut Aspirasi diterima oleh Asisten 1 Kab.Pessel Syahrizal Antoni dan Camat Koto XI Tarusan Nurlaini,SE.MSc. yang juga didampingi Kapolsek Koto XI Tarusan AKP Donny Putra,SH.MH.

Dalam kegiatan Penyampaian Aspirasi Damai tersebut masa melakukan kegiatan Orasi berupa Permasalahan Pelantikan Wali Nagari terpilih yang belum juga dilantik, Masa membawa alat peraga aksi berupa spanduk.

Kemudian kegiatan dilanjutkan pada pukul 11.50 wib, dengan musyawarah diruang rapat kantor camat dan perwakilan dari Unsur Masyarakat dengan Muspika Kec. Koto XI Tarusan, antara lain Unsur Pemerintahan :*
1.Asisten 1 Kab.Pessel.
(Dr.H.Syahrizal Antoni,SY.MPH)
2.Kadis DPMDKB Kab.Pessel.
3.Kasat Pol PP Kab.Pessel.
(Zulkifli, S.Sos.)
4.Kabid Politik Dalam Negeri dan
Org Kemas (Pokdagri & Ormas)
Badan Kesbangpol Pessel.
(Pris Derika Habdi).
5.Camat Koto XI Tarusan.
(Nurlaini,SE, MSi)
6.Kapolsek Koto XI Tarusan.
(AKP Donny Putra,SH.MH)
7.Danramil 07 Tarusan.
(Kap.Inf.Abdul .H).
8.Kanit IV Ik Polres Pessel.
(IPDA Indra Dinata)
9.Unit Kodim Kab.Pessel.
(Serka Mayendri)
10.Personil BIN.
(Irman Joni / Afdal).
11.Sekcam Koto XI Tarusan.
(Joni April)
12.Kasipem Camat Tarusan.
(Noprizon).

Dan sebagai unsur dari Masyarakat Drs.Djasril Jabar Datuk Kayo beserta rombongan, adapun tuntutan masyarakat dalam musyawarah tersebut adalah Tentang tidak adanya proses untuk pelantikkan PAW Wali Nagari Nanggalo terpilih pada pilwana Hari Senin tanggal 27 November 2023. an.Andre Saputra.

Kemudian Meminta kejelasan tentang proses pelantikan wali Nagari Nanggalo, Dilakukan pemberhentian terhadap Camat Koto XI Tarusan Terkait bantuan beras dalam masa tanggap bencana yang di duga dijual oleh Camat sebanyak 150 Ton.

Adapun hasil musyawarah sementara tersebut adalah Camat menerangkan bahwasanya bukan menunda pelantikan PAW wali nagari terpilih tetapi masih menunggu keputusan PTUN karena wali nagari nanggalo yang lama yang sedang tersandung kasus Korupsi an. Dodi Flasgo Natano, mengajukan Banding atas pemberhentiannya di PTUN, serta di sebabkan belum adanya SK pemberhentian wali terpilih selaku anggota Bamus saat mencalonkan diri sbg wali Nagari sehingga di anggap cacat hukum.

Kemudian Kadis DPMDKB. menerangkan dalam aturan dalam persyaratan dan tentang PAW pilwana dimana Pihak Pemda akan membawa inti permasalahan problem dari tuntutan aksi damai ke Tim Evaluasi dan atasan di pemda kab.pessel dan akan segara memberikan jawaban secepatnya.

Selanjutnya Camat menerangkan bahwa bagaimana mungkin menjual beras sebanyak 150 Ton sedangkan beras bantuan yang dapat hanya 38 Ton.

Oleh sebab semua dijelaskan dengan baik Pihak perwakilan Aksi Damai menerima penjelasan, bersedia menunggu keputusan dari pihak pemda kab.pessel dan musyawarah selesai.

Adapun pemicu permasalahan hingga terjadi kegiatan unjuk rasa Aksi Damai tersebut dikarenakan Camat Koto XI Tarusan, terkesan telah menunda – nunda pelantikan Wali Nagari Terpilih an. Andre Saputra.

Setelah diberi penjelasan dan pemahaman oleh Pihak Pemkab.Pessel dan Muspika Kec.Koto XI Tarusan, pihak perwakilan dari masa Aksi Damai pun menerimanya dan untuk
masa unjuk rasa aksi damai dan musyawarah selesai pada pukul 13.45 wib, kemudian masa unjuk rasa aksi damai bersama perwakilan telah berangsur – angsur bubar dan meninggalkan lokasi.

Dalam pelaksanaan kegiatan penyampaian aspirasi Unjuk Rasa Aksi Damai tersebut Pengamanan dilaksanakan oleh Personil Polres Pessel yang dipimpin oleh Wakapolres Pessel Kompol Alwi Haskar, SH, MM, Personil Polsek Kt XI Tarusan, Personil Koramil Tarusan dan Personil Sat Pol PP Kab.Pessel.

Memimpin pelaksanaan pengamanan Kabag Ops Polres Pessel Kompol Allan Budi Kusumah Katinusa, S.I.K mengatakan personilnya yang terdiri dari personil Sat Samapta, Staf, Satuan Lalu Lintas terus melakukan pengamanan selama berjalannya aksi damai oleh masyarakat Nanggalo.

“Peserta unjuk rasa damai dikawal serta dijaga di setiap jalur oleh anggota satuan lalu lintas dan personil pengamanan lainnya, selain itu kita juga menempatkan personil negosiator yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas IPTU Zairul,” jelas Kabag Ops.

Pantauan Humas Polres Pessel di lapangan, sejak sebelum dimulainya kegiatan unjuk rasai damai hingga berakhirnya, seluruh personil pengamanan standby di lokasi serta jalan raya untuk memastikan kondisi arus lalu lintas tetap lancar dan terkendali.

Dilain tempat Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K melalui Kabag Ops mengatakan sudah merupakan tanggung jawab Polri untuk melaksanakan pengamanan.

“Kami akan selalu hadir, dan memastikan bahwa kegiatan berjalan dengan aman, dan juga terima kasih kepada para peserta aksi damai dari masyarakat Nanggalo Kabupaten Pessel karena telah melaksanakan kegiatan dengan tertib,” pungkasnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.