Press "Enter" to skip to content

Kapolsek Lengayang Cek Kesiapan Pos Yan Pasir Putih dan Polsek Lunang Silaut Jaga BLT Serta Ketersediaan BBM Bersubsidi

Polres Pessel – Giat sambang desa atau nagari istilah administratif di Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu tugas rutin Bhabinkamtibmas Polres Pessel yakni dengan melaksanakan kunjungan kepada masyarakat binaannya. Sabtu 06 April 2024.

Di Pemilu 2024 Bhabinkamtibmas Polsek sebagai ujung tombak dalam mewujudkan Cooling System agar masyarakat jangan terpecah belah walaupun berbeda dalam pilihannya masing-masing, selalu mengingatkan persatuan dan kesatuan lebih utama untuk menjaga demokrasi yang riang gembira bagi masyarakat.

Begitupun sekarang ini dalam masa Operasi Terpusat Ketupat Singgalang 2024 terkait pengamanan Idul Fitri dan arus mudik serta mewujudkan suasana Ramadhan 1445 H yang aman dan nyaman Polsek jajaran Polres Pessel lakukan berbagai pengamanan termasuk tempat ibadah masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan Polsek Lengayang melalui Kapolsek IPTU Faisal Safutra, SH, MH mencek kesiapan Pos Pelayanan Operasi Ketupat di wilayah hukumnya di Pasir Putih Kambang Kec. Lengayang Kab. Pessel.

Dimana dirinya mencek kesiapan sarana dan prasarana yang ada di Pos Yan termasuk personel gabungan Polres dan Polsek Lengayang serta nakes, hal ini berguna untuk optimalisasi peran Pos Yan untuk mengamankan libu mudik dan idul Fitri, terpantau personel lengkap dan sarana Pos akan ditambah agar lebih asri.

Kemudian Bhabinkamtibmas Polsek Lengayang Aipda Jepri Wandi sambang bersama Babinsa dan pemerintah nagari di Ken. Kambang Timur.

Sekaligus ia melakukan himbauan terkait musim penghujan masyarakat diminta selalu waspada akan tingginya curah hujan bisa berakibat banjir dan tanah longsor diwilayah dimaksud serta mengingatkan warga saat Ibadah Tarawih untuk memastikan rumahnya terkunci dan pastikan peralatan listrik sudah dimatikan menghindari kemalingan dan kebakaran.

Sedangkan Bhabinkamtibmas Aipda Naswil memediasi permasalahan (Problem Solving) antar warga di Palanta Mediasi Mapolsek Lengayang, dalam mediasi tersebut dihadiri oleh kedua belah pihak yang bertikai dengan menghadirkan Ninik mamak untuk mencari kata sepakat sebelum permasalahan ditingkatkan ke penyidikan, hal ini bisa dilakukan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Dan ia turut silaturahmi bersama warga binaan menyampaikan akan dimulainya pendaftaran masuk Polri, agar yang berminat untuk mempersiapkan diri dan hal ini disampaikan ke khalayak umum.

Kemudian di wilayah hukum Polsek Lunang Silaut Bhabinkamtibmas Aipda Elwardi Extra mendampingi penyaluran BLT tahap I di Ken. Lunang Barat, dimana BLT di salurkan sebanyak 3 bulan masing-masing KK menerima Rp. 900 Ribu rupiah, hal ini dilakukan agar BLT tepat sasaran dan mencegah gangguan kamtibmas lainnya.

Tak itu saja SPKT B Polsek Lunang Silaut Aiptu M. Haloho, SH, MH mencek ketersediaan BBM bersubsidi di SPBU HR. Karya Abadi Lunang Silaut, dengan mendatangi manajernya memastikan ketersediaan BBM dan antisipasi kecurangan oknum dan penyaluran yang tepat sasaran selama bulan puasa hingga lebaran nantinya.

Pada kesempatan yang baik tersebut personel dan Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta untuk bersama-sama ikut serta menjaga keamanan lingkungan guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas pasca Pemilu 2024 dan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H.

Dengan kegiatan seperti ini yang langsung turun ke desa atau nagari binaannya agar warga masyarakat menyampaikan setiap informasi atau permasalahan sekecil apapun yang terjadi di Nagari agar dilaporkan kepada aparat nagari dan Bhabinkamtibmas untuk dipecahkan bersama -sama apabila tidak bisa di selesaikan secara kekeluargaan baru di laporkan ke Polsek untuk penanganan lebih lanjut” jelas Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Lengayang IPTU Faisal Safutra, SH, MH dan Kapolsek Lunang Silaut IPTU Habib Fuad Alhafsi, S.Tr.K di lain tempat mengatakan, bahwa Bhabinkamtibmas dan personel untuk selalu menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif serta kehadiran Polri dapat dirasakan oleh masyarakat yang mempunyai tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Dengan hadirnya Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat di bulan Ramadhan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat bahkan masyarakat mengucapkan, ”Terima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan mudah-mudahan dengan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin ini, Kamtibmas di Kecamatan kami dalam keadaan aman dan kondusif. ujarnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.